Categories
Uncategorized

6 MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN

Brokoli adalah tanaman sayuran hijau yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brasscaceae brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin,mineral,serat dan antioksida yang sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari situs website healtline,berikut adalah nutrisi brokoli mentah dalam takaran satu cangkir(91 gram): Karbohidrat(6 gram),Protein(2,6 gram),Lemak(0,3 gram),Serat(2,4 gram),Vitamin C,Vitamin A, Vitamin K, Vitamin B9(Folat),Kalium,Fosfor,dan Selenium. Biasanya brokoli dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus atau dapat juga dikonsumsi secara mentah. Cara terbaik untuk mengkonsumsi brokoli adalah dengan cara dikukus. Tetapi apabila anda mengukus brokoli terlalu lama itu dapat menghilangkan sekitar 50% kandungan asam folat yang ada didalamnya. Proses pemasakan yang terlalu lama juga akan membuat vitamin C dan protein yang terkandung di dalamnya larut. Maka dari itu jangan terlalu lama untuk mengolah atau merebus brokoli,sebaiknya tidak lebih dari 5 menit. Dan berikut adalah manfaat brokoli untuk kesehatan:

  1. Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam brokoli dikenal dapat memproduksi kolagen dengan baik. Yang mana kolagen sangat perperan penting untuk kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini,mencegah keriput dan mengencangkan kulit. Penelitian juga menunjukkan bahwa Vitamin C dapat mencegah atau mengobati penyakit kulit seperti herpes zoster dan kanker kulit.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Tulang

Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi yang mana kedua hal tersebut dikenal sangat berperan penting bagi kesehatan tulang dan sebagai pencegahan penyakit tulang seperti osteoporosis.

  1. Bermanfaat Untuk Melancarkan Pencernaan

Serat dan air yang terkandung dalam brokoli sangat bermanfaat untuk merangsang gerakan usus untuk melancarkan pencernaan. Kamdungan serat dalam brokoli dapat mencegah sembelit,memperlancar BAB,dan menurunkan risiko kanker usus besar. Secangkir brokoli cincang dapat menyumbang sebanyak tujuh persen kebutuhan serat per hari.

  1. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Diabetes

Brokoli sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena brokoli merupakan sayuran yang rendah kalori,rendah karbohidrat dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Menurut penelitian brokoli juga dapat membantu mengelola kadar gula darah penderita diabetes tipe 2,hal itu karena didukung oleh kandungan zat sulforaphane yang terdapat pada brokoli. Selain itu brokoli juga dapat melindungi sel radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama metabolisme.

  1. Mencegah Kanker

Antioksidan adalah molekul yang dapat memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Salah satu antioksidan yang terkandung dalam brokoli adalah sulforaphane yaitu adalah senyawa yang mengandung belerang dan akan memberikan efek sedikit pahit saat dimakan. Pasokan antioksidan ini dikenal dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Zat ini juga berpontensi untuk membantu mencegah kanker. Brokoli juga mengandung zat yang mampu menghilangkan estrogen,zat yang mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kanker sehingga meningkatkan risiko kanker payudara. Oleh karena itu brokoli sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker.

  1. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan Lutein dan Zat antioksidan yang terdapat dalam brokoli dikenal dapat membantu menjaga kesehatan mata. Menutut penelitian kadar lutein yang ada pada brokoli hampir sama dengan kadar lutein dalam wortel. Kandungan Lutein dapat mencegah terjadinya penyakit mata akibat usia, serta penyakit katarak dan degenerasi makula. Brokoli juga mengandung beta-karoten,vitamin A,fosfor,vitamin B kompleks,vitamin C dan vitamin E.Semua nutrisi ini sangat bagus dan sangat dibutuhkan untuk perbaikan kerusakan mata karena radiasi berbahaya karena penggunaan ponsel atau terlalu sering berada di depan layar dengan waktu yang cukup lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *