Categories
Uncategorized

GUNUNG YANG PALING AKTIF DI INDONESIA

GUNUNG YANG PALING AKTIF DI INDONESIA

Indonesia adalah negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Yang menjadikan negara tersebut memiliki flora, fauna dan keberagaman alam yang indah. Keberagaman alam tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah, hal tersebut juga tidak terlepas dari banyak sumber daya alam yang melimpah yang dapat kita manfaatkan. Namun karena dilewati oleh garis khatulistiwa negara kita menjadi negara yang sering terkena bencana alam. Bencana alam tersebut bisa karena angin puting beliung, gempa bumi, tsunami dan bencana lain. Nah salah satu pemicu nya adalah gunung. Gunung di negara kita ini sangatlah banyak. Gunung yang paling aktif ada sebanyak 127 di Indonesia. Maka dari itu, kerap terjadi bencana alam. 

Beberapa Gunung Yang Paling Aktif

Gunung adalah permukaan bumi yang timbul menjulang tinggi yang di dalamnya terdapat lava panas dan juga menjadi penyebab bencana alam. Gunung yang sudah tidak aktif bisa aktif lagi setelah beberapa puluh tahun sebab gunung tersebut hanya beristirahat bukan sudah mati. nah, seperti yang kita lihat dalam setahun sudah banyak sekali gunung yang meletus yang tentu saja menyebabkan banyak korban. Nah, gunung-gunung tersebut bisa kapan saja meletus yang bahkan letusan nya bisa terdengar sampai ke luar negeri. Nah, untuk itu kita perlu mengetahui dahulu gunung yang aktif di Indonesia di bawah ini:

  • Gunung Sinabung

Gunung Sinabung terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Gunung ini telah aktif lagi pada tahun 2010 setelah beristirahat selama 400 tahun lamanya. Gunung ini memiliki tinggi 2.451 MDPL yang menyebabkan bencana alam di daerah tersebut. Gunung ini tercatat sebagai salah satu gunung paling aktif di Sumatera. 

  • Gunung Merapi

Siapa yang tidak tahu gunung ini? gunung ini adalah gunung yang paling aktif dengan ketinggian 2.968 MDPL yang terletak di antara provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung ini dapat pernah meletus pada tahun 2006 dan menyebabkan gempa bumi di Yogyakarta. Banyak korban yang telah tewas sejak mengalami letusan pada tahun 2010. Gunung ini adalah gunung yang paling berbahaya karena gunung ini dapat meletus setiap dua hingga lima tahun sekali. 

  • Gunung Anak Krakatau

Gunung ini termasuk ke dalam gunung yang paling aktif dan berbahaya. Sebab gunung ini pernah meletus dengan dahsyatnya seperti ledakan bom atom. Letusan gunung ini bahkan bisa terdengar di Australia dan Singapura. Gunung ini dianggap berbahaya karena gunung ini berada di tengah laut yang jika meletus bisa saja menyebabkan tsunami besar di pulau Jawa. Gunung ini terbentuk dari gunung Krakatau.

  • Gunung Kelud

Gunung Kelud terletak di provinsi Jawa Timur di perbatasan tiga kabupaten Kediri, Blitar dan juga Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 1.731 MDPL. Gunung ini tercatat telah meletus lebih dari 30 kali sejak tahun 1000 masehi. Tidak heran jika gunung ini dijuluki sebagai salah satu gunung yang paling aktif. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 2014 yang bukan abunya bisa sampai ke Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Nah, itulah beberapa gunung yang paling aktif di Indonesia. Gunung yang tidak akan mati namun hanya tidak aktif. Gunung bisa aktif kembali setelah beberapa puluh hingga ribuan tahun untuk meletus. Gunung-gunung tersebut juga telah banyak meletus dan masih aktif hingga saat ini. Gunung yang telah lama tidak aktif biasanya dapat digunakan untuk mendaki orang.