Categories
Uncategorized

TIPS MEMILIH KAMBING AQIQAH BANTUL YANG BAIK

Lahirnya buah hati memang menjadi momen yang begitu menggembirakan untuk setiap orang tua beserta keluarga. Karena tidak semua orang bisa mudah mendapatkan keturunan. Ada beberapa pasangan yang harus menunggu sampai bertahun-tahun untuk mendapatkan seorang anak. Oleh karena itulah, ucapan syukur atas lahirnya seorang anak tidaklah cukup. Islam menganjurkan untuk menyembelih hewan atau yang disebut akikah. Hewan yang biasanya digunakan untuk aqiqah bantul sendiri adalah kambing, namun juga bisa menggunakan domba. Setelah kambing selesai disembelih, selanjutnya diolah terlebih dahulu baru kemudian dibagikan kepada kerabat dan tetangga.

5 Tips Memilih Kambing Aqiqah Bantul

Jika anda ingin melaksanakan ibadah aqiqah bantul, tentunya harus bisa memilih kambing yang terbaik dan tepat untuk disembelih. Jangan sampai anda memilih kambing yang tidak baik. Karena hal ini akan berpengaruh pada sah dan tidaknya akikah yang dilakukan. Supaya anda tidak salah dalam memilih kambing akikah. Beberapa tips berikut ini bisa membantu anda tentunya.

  1. Memilih kambing yang sehat

Pastikan dengan baik bahwa kambing yang dipilih untuk aqiqah bantul ini dalam kondisi sehat. Untuk tahu tidaknya kambing sehat sendiri bisa dilihat dari gerakannya yang lincah dan tampak kuat. Perlu diketahui bahwa postur tubuh tidak selalu menentukan kambing dalam keadaan sehat atau tidak. Juga tidak semua kambing yang ukurannya besar kondisinya sehat, begitu pula dengan sebaliknya. Idealnya kambing sehat memiliki pinggang lurus, dada lebar dan pijakannya pun kokoh. Apabila kambing tampak malas bergerak dan lesu, bisa jadi kambing tersebut sedang sakit.

Setiap orang yang ingin melaksanakan akikah bisa memilih kambing langsung ke peternakan. Tetapi jika tidak ingin repot, maka bisa berkonsultasi langsung dengan layanan akikah berpengalaman. Nantinya anda akan dibantu memilih kambing yang sesuai dengan ketentuan dalam akikah.

  1. Memperhatikan sorot mata kambing

Untuk mengetahui kambing aqiqah bantul sehat atau tidak bisa dilihat dari segi sorot matanya. Tentunya kambing yang sehat akan memiliki sorot mata fokus dan tidak merah. Juga bisa melihat dengan jelas dan responsive saat dihadapkan pada suatu objek. Tetapi jika sorot mata kambing sayu, matanya merah maka besar kemungkinan bahwa kambing tersebut sedang dalam keadaan tidak sehat. Jadi sebaiknya jangan memilih kambing dengan kondisi mata tidak sehat.

  1. Pilih kambing dengan punggung besar

Bobot kambing yang ideal digunakan untuk akikah sendiri minimal 30 – 49 kg. Jika bisa lebih dari bobot tersebut malah semakin bagus. Tetapi jika kurang dari bobot tersebut, maka kambing tersebut belum layak untuk disembelih sebagai kambing akikah. Jika anda ingin mendapatkan bobot kambing yang besar, maka bisa melihat dari bagian bentuk punggungnya. Karena kambing dengan punggung besar sudah bisa dipastikan jika dagingnya juga lebih banyak.

  1. Perhatikan bagian rahangnya

Perlu diketahui dengan baik bahwa rahang kuat juga menjadi penentu kesehatan kambing. Apabila kambing tersebut mempunyai rahang kuat dan gigi lengkap. Tentunya tidak akan memiliki masalah ketika mengunyah makanan. Jika kambing tersebut mampu mengunyah makanan secara baik, tentunya nutrisinya pun terpenuhi. Jika nutrisi cukup, tentu tubuhnya akan sehat. Sehingga sangat tepat dijadikan sebagai kambing aqiqah bantul.

  1. Membeli pada peternak muslim

Demi menjaga kehalalan, kambing aqiqah bantul tentunya harus diproses mengikuti syariat. Bermula dari penyembelihan dengan menyebut nama Allah sampai pengolahan pun menggunakan bumbu dan alat bebas najis.

Pesan Aqiqah Bantul Enak Dan Halal

Demikianlah kelima tips yang bisa membantu anda untuk mendapatkan kambing aqiqah bantul terbaik dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *